Translate This Page

Saturday, August 28, 2010

Bawa Partitur Banyak-Banyak Malahan Musingin Diri Sendiri

Kejadian ini terjadi waktu si gue ikut singing contest di sebuah tempat. Yah, katakanlah di sebuah sekolah (memang sekolah sih). Tempatnya jauh banget dari sekolah gue, apalagi dari Setra Duta atau Duta Regency (promo komplek rumah). Perjalanannya panjang dan berliku penuh berbatu mendaki gunung lewati lembah sungai mengalir indah ke samudra (padahal ke situ Ciburuy). Sebenernya yang nyanyi sih dua temen gue, Dissa sama Lala. Tapi berhubung si gue sering direkruit baik sama guru-guru ato temen-temen dan si gue selalu pasrah menghadapi tawaran-tawaran tersebut termasuk duitnya, akhirnya gue rela jadi pianist ato player buat mereka.

Sampe di TKP, gue sama rekan-rekan dan guru pembimbing langsung turun dari mobil dan ke meja registrasi buat registrasi ulang sama ambil nomor urut peserta. Udah dapet nomer urutnya, gue sama LaDis (Lala Dissa) duduk-duduk di depan gedung sambil menenangkan jiwa yang gundah gulana. Pas lagi santai terbuai-buai angin, muncullah seorang cewe yang entah darimana asalnya. Ngelewat depan kita sambil nyanyi. Emang sih suaranya bagus, tapi gayanya itu loh. Penyanyi banget! Oh salah, bukan itu yang mau gue terangin. Cara dia jalan, cara dia berlagak nunjukkin kalo dia tuh yeah.. arogan. Klik! Gue udah dapet kesan pertama liat dia: belagu! Di belakangnya ada yang nguntitin satu cewe dengan bolero tangan panjang (agak aneh sama bolero tangan panjang). Nih cewe bawa kertas berjubel-jubel yang keliatannya sih partitur kalo diliat dari bayangan toge-toge item. Dan nih cewe lagaknya nggak kalah heboh! Songongnya keliatan dari cara dia jalan. Angkuh banget tuh cewe! Ah, yasudahlah yang penting gue sama LaDis bisa nampilin yang terbaik, sekaligus nampiling peserta-peserta lainnya dengan kata-kata azimat berduri (halah ngaco!).

Oh great, itu cewe dapetin urutan kedua dan emang harus gue akuin suaranya bagus banget ngegelegar. Disini juga si pianisnya maeninnya cukup halus. Yeah cukup halus walopun nggak begitu kerasa dinamika lagunya. Kayaknya tuh bagian chorus sama verse sama aja dinamikanya. Sedikit kerasa garing disini, walopun arpeggionya segitu sih udah bagus, tapi kasar. Yasudah lah yang penting tuh cewe bikin geger para penonton di awal-awal penampilan. Belum lagi gurunya memamerkan si anak itu. Katanya baru latian ini lah itu lah baru dateng tadi lah ini itu segala macem lah pokonya. Whatever I don't really care dah, yang penting gue bisa ke toilet dulu soalnya pengen pepsi.

Selepas pepsi akhirnya dapetlah giliran si Lala nyanyi. Lagu "Because of You" yang dibawain Lala udah bikin juri dan peserta-peserta lainnya tercengang. Sampe panitianya juga ada yang naksir, sama suaranya. Gue yang maen piano tanpa partitur bisa ikutin lagunya dengan baik. Karena keseringan maenin tuh lagu, tepatnya. Dari segi kostum si Lala udah ngepas banget dan kostumnya unik banget. Ada topi kecil namplok di kepalanya. Kata anak-anak SD yang nangkring di depan masjid di sekolah itu sih kayak topi Michael Jackson. Sementara gue sendiri pianisnya pake kostum yang bener-bener nggak nyambung. Sampe kata Bu Novi waktu komentarin baju gue katanya mendingan beli dulu baju yang baru. Yah, gini deh bu gue kan outkast gak mau ikutin gaya orang laen. Cukup jadi gue aja deh. Selese Lala tampil, nggak lama Dissa kedepan nyanyi lagu "How Do I Live". Dan yang gue aneh, kok cuman Lala sama Dissa doang yang nyanyiin lagu yang ternyata nggak dinyanyiin lagi sama orang lain. Maksudnya, ada yang nyanyi lagu "Over The Rainbow" dua orang. Yang nyanyi lagu "From This Moment" ada banyak. Sementara lagu "How Do I Live" sama "Because of You" cuman Lala sama Dissa doang yang nyanyi! Harusnya jadi poin plus! Tapi ternyata yang lolos ke babak final cuman Lala. Padahal gue udah jagoin si Dissa. Tapi dia keliatannya tegar malahan dukung Lala banget. Gue suka gaya lo, sis!

Di final round, Lala kebagian nyanyi terakhir. Dan sebelum Lala, si cewe itu ternyata yang tampil dengan nyanyiin lagu yang sama kaya si Lala. Sekarang ini pianisnya bawa partitur berlembar-lembar sampe stand partiturnya aja kurang panjang. Kayaknya kalo direntangin tuh partitur panjangnya dari Sabang sampe Merauke. Sepenting apaan sih tuh partitur? Gue penasaran sampe-sampe pengen nyaranin tuh pianis bawa tiang jemuran aja buat ngegantung partiturnya yang panjangnya udah saingan sama bis Kotrima ato Madona. Gue pikir, permainan dia bakalan bagus ngegelegar dengan adanya partitur itu. Ckckck, gue agak sangsi dengan permainan gue yang tanpa partitur dan ngandelin pendengaran gue doang selama ini. Tapi ternyata, suara si penyanyinya beda jauh sama permainan pianonya si pianis. Permainan pianonya ancur banget!! Sumpah ancur! Bukan jelek-jelekin tapi emang ancur dan yang bikin gue shock, ada delay kurang lebih 5 detik di tengah-tengah lagu! Tuh cewe selama 5 detik nyanyi diiringin sama apaan dong?! Parah!! Partitur berlembar-lembar itu ternyata useless dong?! Giliran gue sama Lala yang tampil, justru nggak ada masalah berarti. Malahan nggak kaya penampil sebelumnya yang pake voice "Piano", gue justru pake voice "Electone > New Tines" supaya kesannya lebih R&B dan agak nge-soul. Ternyata berhasil dan nggak ada kesulitan yang berarti! Pas gue liat ke arah pianis yang tadi, yang gayanya udah selangit itu ternyata mesem mesem doang.

Ternyata partitur panjang-panjang itu nggak nunjukkin skill yang sebenernya. Malahan ngebingungin dirinya sendiri. Mungkin aja tuh orang bingung pas maen udah nyampe halaman berapa, sampe kayanya kudu bolak-balikin dulu halaman partiturnya. Kocak kocak kocak! Laen kali bawa kamus sekalian jadi sambil buka halaman partitur sambil baca kamus! Gak perlu ribet-ribet dah bawa partitur banyak selagi kita masih bisa menunjukkan yang kita bisa dengan apa yang kita punya. Gue, orang yang cuman ngandelin pendengaran sama skill gue yang emang segini dan orang-orang lainnya yang sama kaya gue udah membuktikan itu. Tanpa partitur juga kita bisa maju. Daripada pake partitur tapi ngancurin penampilan, pilih mana? Cari aman aja dah!

Udah deh jadiin aja pelajaran. Gue cape ngetik laginya, pengen ke kamar mandi. Bye!

No comments:

Post a Comment

Post some comments, maybe a word two words or a long long paragraph :)