Translate This Page

Friday, December 16, 2011

Tukang Cap Yang Nge-'Cap'

PS: Saya nggak masalah untuk menceritakan kasus ini di ruang publik kayak blog dan Facebook. Saya nggak akan malu kalau disorot dan dilihat sebagai korban di kasus ini, karena harapan saya orang yang bersangkutan bisa merubah sikapnya jadi lebih baik kedepannya. Itung-itung bahan introspeksi.

Kasus ini bikin saya bener-bener murka terhadap petugas cap program tutorial yang diadakan mingguan di kampus saya. Mungkin kalo sikap petugasnya nggak kayak 'gitu' sih saya bakal lebih enjoy dengan program tersebut walopun sedih karena weekend saya kesita terus *hiks, nangis*. Kasus ini terjadi beberapa hari yang lalu.

Siang itu, saya dapet kabar kalo akan ada program tutorial tambahan buat nutupin kekosongan absensi tutorial. Yap, tutorial *katanya* jadi salah satu persyaratan untuk kelulusan sebuah mata kuliah umum (walopun saya masih nggak ngerti pengaruhnya di sebelah mana, atau mungkin di sebelah sana? *nunjuk Squidward*). Walhasil, mau nggak mau saya harus memenuhi persyaratan itu walopun disinyalir persyaratannya masih ada yang kurang sedikit lagi untuk mencapai kelulusan itu. Nah, karena saya kebetulan dapet make-up class (kelas pergantian, bukan kelas belajar makeup wajah ya), maka saya telat dateng ke program tutorial tersebut. Tapi yang namanya usaha ya, kenapa nggak sih? Seusai make-up class tersebut saya langsung buru-buru dateng ke program tutorial tersebut.

Sampe di depan pintu utama aula, saya harus berhadapan dulu dengan petugas cap. Yap, cap yang bakalan kita dapet sebagai tanda presensi di setiap program tutorial. Disana saya diinterogasi dan ditanya-tanya sedetil mungkin kayak ukiran Jepara. Akhirnya, setelah dapat ijin masuk, saya minta cap. Tapi si petugas (yang selanjutnya kita sebut bapak X yang sebenarnya mahasiswa, hanya saja wajahnya keliatan tua jadi kayak om-om, eh, bapak-bapak) itu cuman nyuruh saya taruh kartu presensi saya di atas meja tempat biasa petugas ngecap kartu presensi.

"Taro aja kartunya di atas meja."

Baiklah kalau begitu. Saya taruh kartu saya di atas meja dan mengikuti sisa program yang masih berlanjut selama 30 menit. Setengah jam yang terasa lama karena saya datangnya telat, jadi nggak ngerti topik yang dibicarakannya apa. Dan akhirnya setelah acara selesai, saya balik lagi ke meja pengecapan, and to my surprise, saya belum dapet cap presensi! Saya yang kaget dan merasa tertipu karena rupanya si bapak X petugas cap itu menghilang dari peredaran! Akhirnya saya catch seorang panitia tutorial. Kali ini, keliatan bahwa panitia ini masih mahasiswa, alias tidak muka tua. Saya protes sama kakak tersebut sedetil-detilnya.

"Kak, saya mau minta cap. Tadi saya udah dateng kesini tapi nggak dapet cap. Kata petugas cap yang tadi jaga, saya disuruh taro kartu saya di atas meja. Sekarang pas mau pulang saya cek ternyata belum dapet." protes saya.
"Ah, masa nggak dapet? Tadi dateng jam berapa?" tanya si panitia tersebut nggak percaya.
"Jam 5. Saya kan datengnya telat, tadi ada make-up class dulu soalnya. Terus kata petugasnya saya boleh masuk. Pas saya mau minta cap, katanya kartunya ditaro aja di atas meja. Sekarang udah selesai acaranya, saya nggak dapet cap malahan." jelas saya.
"Tapi kan saya sepanjang tutorial tadi nggak disini (di area meja pengecapan), jadi saya nggak punya bukti" kata si panitia tersebut bersikeras dengan ekspresi wajah minta dicambuk.
"Nggak bisa gitu juga tapi, kak! Saya udah cape-cape bela-belain dateng pulang kuliah kesini, dan ternyata masih bisa ikutan program tutorial. Eh, tapi waktu mau minta cap malah ga dapet!" tegas saya.

Nggak lama, dateng seseorang yang juga minta cap. Kasus dia sama rupanya kayak saya, hanya saja waktu dia dateng, bapak X itu nggak ada. Jadi si pintu aula kosong dan dia langsung masuk. Ya intinya, saya sama dia sama-sama belum dapet cap.

"Maaf, tapi kan kamu waktu dateng nggak ada petugasnya, jadi kamu nggak punya bukti." kata si panitia itu ke anak tersebut.

Saya dan anak tersebut terus ngasih penjelasan sejelas-jelasnya dan melawan argumen si panitia tutorial tersebut yang *menurut saya dan anak tersebut* kebanyakan bacot. Rupanya si anak tersebut udah mulai emosi. Karena ngeliat saya juga mukanya udah bete dan kesal, si anak tersebut akhirnya memberanikan diri ngelawan.

"Gini ya mas, bukannya maksud apa-apa, tapi mas ini mau ulur-ulur waktu atau apa? Mas nggak percaya sama kita? Kita udah beneran dateng kesini, dan nggak bohong! Kita ini nunggu kepastian kapan mas mau kasih cap buat kita!" bentak anak tersebut.
"Sama saya juga! Kapan saya dapet capnya? Saya mau balik!" bentak saya nggak kalah galak.

Si panitia tersebut mulai kebingungan. Akhirnya dia minta ijin buat ngomong ke para petinggi program tutorial. Sekembalinya, saya kira dia udah bisa ngasih cap, dan ternyata..

"Kalian harus ketemu sama petugasnya. Coba yang mana petugasnya?" tanyanya.

Saus tar-tar! Lobster! Tiram! Saya udah kehabisan kata-kata buat ngelawannya. Akhirnya karena emang saya yang sempat ngomong sama petugas capnya, saya beranikan diri bertaruh sama panitia tersebut.

"Pokonya orangnya pake jaket item! Saya nggak kenal itu siapa tapi bapak-bapak itu pokonya pake jaket item dan brewokan." jelas saya.

Si panitia kayaknya sudah terpojokkan dan udah nggak bisa gimana-gimana lagi. Akhirnya dia minta saya dan seseorang yang sama-sama memperjuangkan haknya itu buat ketemu sama petugas cap, si bapak X. Kami berhasil ketemu si bapak X itu dan si panitia songong itu ngejelasin maksud kami ketemu dia. Bukannya dapet pembelaan atau penyelesaian masalah, justru si bapak X itu bikin tangan saya gatel pengen tonjok mukanya yang minta dibunuh itu.

"Apaan sih kalian ini?! Masa belum dapet cap?! Kalian itu jangan suka main-main coba?!!" bentaknya.

Iblis! Saya dibentak orang itu padahal awalnya niat saya (dan anak yang belum dapet cap itu) baik, mau menjelaskan dengan kepala dingin permasalahan cap ini. Mungkin dia ngerasa kalo dia bisa bentak saya dan anak tersebut, dan ngata-ngatain kita main-main dan nggak becus. Tapi bukan Klaus namanya kalau nggak ngebentak balik. Saya yang akhirnya kalap akhirnya bentak balik dia.

"Saya nggak main-main!! Anda yang bilang barusan sama saya waktu saya mau minta cap! Anda yang bilang kartu saya suruh taro di atas meja! Sekarang acaranya udah selesai tapi saya belum dapet capnya! Mana capnya?! Mana?! Anda yang tadi ngomong sendiri sama saya! Saya, yang tadi datengnya telat dan anda yang kasih ijin masuk ke aula! Sekarang saya minta capnya! Saya mau pulang!!"

Si bapak X itu keliatannya kaget karena saya bentak balik. Berasa ngeliat ubur-ubur raksasa. Akhirnya si bapak itu bilang sesuatu sama petugas panitia yang songong.

"Ya udah, kasih capnya ke satu orang ini!"

Hahaha, belum tau dia berhadapan sama siapa..

Singkat cerita, saya dapet capnya walaupun si panitia songong itu sambil ngomel-ngomel. Omelan dia terus saya bales dan saya ladenin karena saya nggak mau kalah. Saya seneng bikin kedua orang itu, bapak X dan panitia songong itu terpojokkan. Mereka pantes diperlakukan seperti itu setelah seenaknya nuduh saya bohong, bahkan sampe dikata-katain main-main. Emangnya mereka punya hak apa men-judge saya seperti itu? Ketika si panitia tutorial itu bilang bahwa saya nggak punya bukti bahwa saya dateng ke tutorial, dia juga nggak punya bukti kalau saya ngebohong atau main-main. Dan setelah denger cerita dari temen-temen saya, ternyata memang beberapa panitianya harus agak 'dikasarin'. Memang nggak boleh sih sebenernya, dengan alasan etika. Tapi saya rasa, ketika kita bersikap kasar karena diperlakukan tidak adil, saya rasa itu sebuah pengecualian. Saya sampai cerita sama mentor saya tentang hal ini, dan syukurlah mentor saya kasih respon positif dan kasih saya semangat buat ikhlas (mentorku heroku! Kang Sandi, you're hero!).

Kepada petugas cap, dan juga panitia tutorial, saya minta tolong sikapnya diubah. Jangan seenaknya nuduh orang bohong, apalagi sampai ngata-ngatain main-main. Kalau tutorial ini dimaksudkan untuk memperbaiki diri dan menjadi media pengembangan diri, dari panitianya sendiri tolong ubah dulu sikapnya. Saya sampe sekarang masih sakit hati dengan perlakuan seperti itu, dan saya harap kejadian kayak itu nggak akan terjadi lagi. Kasian adik tingkat saya nanti kalau ngalamin hal yang sama kayak yang saya alami.