Translate This Page

Tuesday, September 14, 2010

I Hate When People Start To Be Racist

Kemaren ini gue mampir sejenak ke downtown Kuningan. Commercial area-nya commonly terdiri dari ruko-ruko yang dari dulu banget emang udah ditata serapi itu, cuman ya pedagang-pedagang kaki limanya aja yang malahan ngotorin daerah itu. And guess what, rute jalan commercial areanya itu berbentuk I! Gimana nggak, mulai dari pertigaan jalan Aruji Kartawinata (Jakarta) sampe ke alun-alun rutenya berbentuk huruf I. Lha wong sampe di ujung alun-alun langsung jalur balik lagi ke start awal (puter balik). Nah, di salah satu ruko-ruko itu, gue mampir sebentar ke sebuah toko.

Di toko itu, mama ngobrol sama yang punya toko (dan kemungkinan masih ada sodara walopun jauh). Yang jaganya kebetulan istrinya soalnya sang mpunya, opa Xu Chen has passed away (may God bless you, sir). Kata mama, dulu opa Xu Chen itu sinshe langganan kakek gue. Kalo sakit, biasanya kakek beli obat-obat racikan Cina dan opa Xu Chen itulah yang ngeraciknya. Sekarang opa udah meninggal jadi toko di-handle sama istrinya. Mama sama oma Xu Chen ngobrol cukup lama. Kebetulan si mama juga beli sendal jepit (oh gee) dan waktu transaksi gue yang bilang thanks pake bahasa Cina.

Gak disangka, si oma justru seneng waktu tau gue (ceritanya) bisa bahasa Cina. Dan dari situlah dimulai obrolan panjang yang berakhir dengan Wali Songo (loh?).

"Oma.."
"Apa?"
"Xie xie zai jian!"
"Oh, iya iya. Bagus ya ini bisa bahasa Cina juga ternyata",
kata si oma sambil ngacak-ngacak rambut gue. Oh my new hairdo!
"Iya. Ini juga katanya pengen les lagi bahasa Cina", si mama nambahin (padahal mama yang pelit buat urusan gue les bahasa).
"Bagus itu. Anak muda jaman sekarang tuh harus banyak belajar. Kalau belajar bahasa jangan cuman satu aja, tapi harus banyak."
"Iya. Biar bisa bersaing. Lagian aku juga pengen banget belajar lagi bahasa Cina supaya kalo kerja gampang."
"Ya. Bagus itu. Sekarang ini kan persaingan udah ketat sekali. Orang kalau cuma mendalami satu bidang aja nggak bagus sebenernya. Kalau orang bisa mendalami lebih dari satu bahasa, kalo saya sih yakin orang itu bisa sukses. Apalagi kan bahasa Cina itu yang pakai banyak sekali ya milyaran. Cina itu kan nanti mau jadi bahasa Internasional jadi kalo udah bisa menguasai bahasa Cina ya saya yakin kamu tuh bisa sukses. Apalagi kamu ini masa depannya kan masih bagus, jadi harus terus banyak belajar."
"Iya nih, dari dulu emang pengen banget belajar.."
"Bagus itu. Harus mau belajar. Kan sebenernya orang-orang Tiongkok itu ke Indonesia bukan untuk menjajah, nggak kaya Belanda atau Inggris. Orang Cina itu ke Indonesia untuk berbagi ilmu dan pengembangan pertanian sebenarnya. Makanya kan kita sekarang kenal ada yang namanya tauge, tahu, bihun, itu kan sebenarnya istilah Hokkien. Makanya saya dulu nyesel waktu jaman orde baru itu kan, kenapa sampai Indonesia itu anti sama Chinese ya? Padahal kalau mau terbuka kan kita bisa lebih banyak berbagi ilmu kan? Malahan justru kita itu dianggap jelek. Waktu itu saya ngomong bahasa Cina justru diliatin dan dicibir orang. Saya pikir kenapa harus malu? Makanya saya tetep bicara bahasa Cina. Jadi kenapa harus tertutup? Malahan menurut saya justru ikuti yang bagus-bagusnya. Misalnya waktu itu orang Cina bagus di bidang ekonominya, ikuti padahal semisal cara-cara atau tipsnya. Ya, yang jelek-jeleknya jangan diikuti."
"Oh.. Iya iya."
"Dan Islam juga masuk Indonesia, tau tidak salah satunya karena siapa?"
"Hmm.. Cheng Ho ya?"
"Ya. Haji Cheng Ho itu datang ke Indonesia bukan untuk menjajah. Justru malahan menyebarkan agama Islam. Makanya kan di Wali Songo itu ada 9 orang, 7 orangnya itu berketurunan Cina."
"Wah?",
jujur gue baru tau kenyataan itu. 7 orangnya berketurunan Cina?
"Iya. 7 orangnya itu berketurunan Cina. Cheng Ho sendiri kan Islam. Belum tau ya?"
"Tau sih..",
gue pernah liat liputannya di TV waktu itu tentang Cheng Ho.
"Jadi orang Cina ke Indonesia itu bukan untuk menjajah. Makanya kenapa waktu itu harus menutup diri? Jadi sekarang anak-anak harus banyak belajar dan jangan menutup diri. Kalau seperti dulu menutup diri menurut saya justru jadi terbelakang. Kalau sekarang nggak menutup diri, kedepannya saya yakin ini anak pasti sukses."
"Iya. Makasih oma",
kata gue sambil senyum-senyum kecil.

Gue jadi kepikiran terus omongan oma Xu Chen tadi. Iya ya, kalo aja waktu jaman Soeharto orang-orang pada nggak anti Cina. Emang sih, ambil sisi positifnya aja, jangan negatifnya. Gue sih nyadar diri dan ngerasain emang ada beberapa pandangan yang beda ke beberapa kerabat gue yang Chinese, bahkan ke gue sendiri. Gue inget waktu dulu, gue biasa maen sama cici gue. Gue kelas 1 SMP dan dia kelas 3 SMP. Kalo di jalan gue ketemu sama temen gue, biasa gue sama mereka say hi. Tapi kalo pas gue lagi bareng cici gue, kenapa pandangan mereka jadi berbeda? Gue tau beda pandangannya dan itu yang bikin gue ngerasa nggak nyaman.

Gue juga sempet makan siang di restoran sama Ko Izi dan seorang temen (nama disamarkan). Di pojokan restoran, ada sekelompok orang, Chinese yang udah ngebook meja-meja buat mereka. Sambil ngobrol, mereka secara nggak langsung ngeramein restoran. Temen gue itu nyeletuk,

"Aing geuleuh da ka barudak Cina kitu.."

Gue ngerti karena memang keberadaan mereka sedikit 'mendominasi', tapi nggak usah segitunya. Gak liat apa di depannya ada 'orang Cina juga?! Berarti selama makan tadi gue dianggep sama kaya ayam yang dia makan dong :'(

Gue juga inget waktu gue SMP kelas dua kalo gak salah. Salah seorang guru gue Mr.blablabla ngobrol sama gue tentang rumah gue. Guru gue terus jadi ngomongin Setra Duta gitu. What's wrong with my residence?

"Itu ya komplek Setra Duta. Dulu mah gak seluas itu, sekarang udah luas banget."
"Kan ekspansi pak.."
"Tapi sampe ngegusur rumah-rumah warga sekitarnya."
"Padahal mah ya pak kalo mau mah warganya jangan mau terima. Jadi pas minta dibeli tanahnya tuh harusnya mah nolak. Da hari gini cari tanah buat bikin rumah teh susah, sekalinya dapet eh mahal",
komentar gue. Emang sih ekspansinya cukup menyeramkan, dimana komplek gede itu perlahan-lahan bisa ngegusur perumahan warga asli. Gue jadi sedih juga merhatiinnya.
"Iya. Tapi da mau gimana lagi kayanya mah dipaksa terus. Bener-bener nya Cina teh jahat."

What?! What did he say?
Cina jahat? Do you mean, we are cruel, don't ya? Maksudnya anak kecil gak berdosa dan tak bersalah berwajah baby (sooner 'y' diganti pake 'i') face ini dibilang jahat? #liatliatcermin #ngurutdada Teganya... :'(

Emang sih ekspansi semagic alaihim itu emang terbilang 'jahat', tapi kan nggak usah senancep itu ngomongnya. Gue tau terkadang beberapa dari kita emang ada lah yang begitu (katakanlah rese, rehe, ato belagu), but not at all! Cici gue bukan orang jahat, oma Xu Chen juga baik, om Sionghin juga ramah ke tetangga-tetangga yang laen, Ko Osi walopun udah kuliah tapi gak malu maen sama bocah kayak gue, dan gue juga gak jahat (boong), terus kenapa kita dicap kaya gitu? Kalo kita dibilang jahat karena satu ato dua hal, terus apa bedanya dengan kita yang sempet dibikin gusar di kerusuhan pas jaman Soeharto dulu? Mungkin beberapa dari kita (ingat, beberapa) terkadang act exaggeratedly, katakanlah rese pelit belagu. Beberapa dari kita juga terlalu mendominasi di satu atau beberapa hal. Itu negatifnya, tapi kan nggak bisa kita selalu pegang teguh hal-hal negatifnya. Coba flashback ke kerusuhan di jaman Soeharto dulu. Waktu toko-toko orang Cina pada dibakar, terus perempuan-perempuan pada disekap, diperkosa terus dibakar di sebuah gedung perbelanjaan sama orang-orang yang jahat, sekarang mana yang lebih jahat?

Terkadang orang ngeliat dari satu sisinya doang, dan sisi itulah yang ngedominasi prasangka mereka. Gue berada di tengah-tengah karena dua darah yang mengalir di diri gue dan gue bisa ngerti perasaan mereka. Gue ngerti kenapa mereka begitu menutup diri dari Cina ato sentimen dan gue ngerti kenapa Cina terkadang juga sentimen sama mereka. Tapi, bukankah lebih baik kalo dua-duanya justru bisa hidup saling berdampingan?

Gue pikir gue juga gak harus menutup diri ato malu buat mengakui kalo gue ada darah Cina, dan kalo mereka bilang "Lo bukan Cina!", so what?

No comments:

Post a Comment

Post some comments, maybe a word two words or a long long paragraph :)