Translate This Page

Tuesday, September 14, 2010

Ckckckck Aji.. Aji..

Sepupu gue, Agnessa Aji Wijaya. Let's call him Aji. Temen berantem, berenang, ngobrol sampe ngebolang gue dari SD. Awalnya jaman gue TK, gue sama dia rajin banget berantem. Mulai dari ngeributin makanan sampe cuman kesenggol dikit doang (how sensitive we were!). Setelah gue masuk SD, terus dia sama keluarganya pindah ke Kalimantan. Waktu itu gue berfikir bahwa hidup gue akan tentram dan nyaman setelah kepergiaannya (sementara), tapi ternyata dia balik lagi dengan wajah barunya pas gue kelas 3 SD. Dan yang lebih monstrous: dia punya adek!

Adeknya lebih gila daripada si Aji ini. Dulu itu gue paling pusing tapi juga ketawa-ketawa ngeliatin adeknya yang superactive ini. Kalo dia udah gede, kayaknya cocok jadi superdad yang kerjanya geser-geserin mesin maenan di Game Master. Nah waktu itu si Aji ini cenderung sepihak banget sama adeknya. Jadi kalo si Aji says A, adeknya bakalan says yang gak jauh dari A. Entah itu A+, A-, or just A. Kalo udah debat, gue kayanya kalah. Satu lawan dua, keroyokan sih. Dan yang sempet bikin gue kesel waktu gue mau balik dan adeknya ini kalo ngeliat mobil selalu pengen naek mobil, mobil siapapun itu. Pas gue mau balik otomatis si adeknya ini gak bisa gue bawa kan? Si Aji ini malahan manas-manasin adeknya supaya masuk ke mobil and it meant that I couldn't go home until he would get outta the car! Rese!

Terus, terus, dan terus akhirnya gue udah gede dan di usia yang udah bukan anak-anak lagi akhirnya waktu dan event juga yang mempertemukan gue sama Agnessa Aji Wijaya ini. Dulu dia yang kecil item sama bandel ternyata udah berubah jadi anak yang lebih pendiem, dari segi wajah gak banyak berubah kecuali auranya lebih keliatan (maksudnya), pake kacamata terus, tinggi tapi gak atletis dan yang lebih magic lagi, religious! Gee, bisa dipastiin kalo lagi ngumpul di rumah nenek, sekitar jam 7 malem dia udah gak ada di rumah sama babehnya. Kemana lagi kalo bukan ke masjid? Dan yang lebih religious lagi, dalam sehari dia bisa berkali-kali ke masjid. Minimal 2 kali lah. Subuh-subuh sama malem hari itu jam 7. Lebih pendiem karena tiap kita papasan, kita cuman ngomong sesuatu yang penting doang semisal "Permisi" ato "Geser dikit" ato "Aduh". Gak banget kan?! Secara dulu kita deket, lha wong ngebolang bareng-bareng, berenang di kolam ikan bareng. Kolam ikan beneran loh dan di tengah hutan! Believe it or not, kakek dari papa tuh punya satu dua ato lima kolam ikan di hutan ato kebon bambu di daerah belakang rumahnya. Kebonnya itu luas banget, stretches from western town main junction sampe bagian utara blok rumah kakek gue. Bisa dipastikan, lima kolam kakek gue bersanding dengan belasan kolam-kolam milik tetangga-tetangga dia yang laen. Nah, di salah satu kolam kakek gue yang letaknya bener-bener deket sama tangga utama dari kebon ke jalan di atasnya, ada sebuah kolam kecil yang bersebelahan sama kolam ikannya. Kolam kecil ini isinya air jernih. Kalo dibandingin sama air kolam ikannya yang udah nyampur sama tanah, lumpur, sampe boker orang di kobong sudut kolam *yucks* pokonya perbandingannya tuh aqua sama susu kental manis coklat cap enak. Beda kan dari kejernihannya aja? Di samping kolam kecil itu juga ada tempat buat mandi ato cuci baju. Jadi kolam kecil itu bisa dikatakan sebagai sumber air bersih juga. Tapi (gobloknya) waktu kecil, gue sama Aji justru langsung nyebur berenang di kolam kecil itu. Kolamnya berdasar batu-batu, makanya gak ada lumpurnya. Ada beberapa ikannya dan ikannya pada ngeri kalo gue pikir-pikir. Pinggir kolam udah ditembok, tapi tetep nempel beberapa relief bebatuan sama lumut-lumut. Jadi kalo kaki kita nginjek temboknya, justru kepeleset sama lumutnya. Dan kedalaman kolam itu pada saat itu dalem banget. Kita cuman bisa maen di pinggirnya doang, kalo mau nekat ke tengah ya mesti nyelem. Dulu kita gak berani nyampe ke tengah banget. Kalo kita nyelem ke dalem air, bakalan ngeliat pemandangan yang menurut gue sekarang ngeri. Kegelapan bawah air, mata-mata ikan, bayangan pohon-pohon di dasar kolam, batu-batu gelap, ngeri lah dan gak gue banget. Si Aji itu yang paling nekat. Pokonya kalo udah maen ke hutan, dia selalu aja ada ulahnya yang aneh-aneh.

Ohya balik lagi ke jaman dewasa. Sekarang ini kita udah nggak maen di kolam lagi, tapi maenin HP (gak penting juga sih). Gue lebih sering bergaul sama HP, Twitter, dan dunianya. Sementara si Aji malahan maen sama anak-anak kecil yang aneh, berisik, rese dan sejenisnya. Menurut gue sih kayak gak ada orang laen aja yang bisa diajak ngobrol selaen anak-anak kecil monstrous itu. Tapi justru gara-gara itu, social value dia di mata anak-anak meningkat. Gak kaya gue yang dianggep jutek sama anak-anak kecil gara-gara sering gue pelototin kalo udah mulai rehe (hahahaha *evil laughs*). Baru kemaren-kemaren ini aja, kedeketan gue sama si Aji meningkat. Dari yang awalnya cuman say "permisi" ato "geser dikit", sekarang udah mulai ngomongin satu topik walopun cuman obrolan 16 kalimat dialog doang.

Satu hal yang sampe sekarang belum ilang dari diri dia. Gokil! Gue secara nggak sadar hidup dengan kegokilan dia dari kecil. Pas SD, dia tuh orang pertama yang gue saksikan live, bukan lewat TV ato film, dan orang termuda yang gue liat nelen minyak tanah terus disemburin ke api di obor. Dia juga orang pertama yang nekat ngikutin kegilaan gue di rumah: naekin guling dan act like bus driver! Si Aji ini juga yang dulu paling sering lakukan tindakan nekat, kayak ngejelajahin hutan terus balik-balik bikin orang rumah geger. Banyak lagi dah. Anaknya juga sensitif. Tapi agak kikuk kalo udah ngomongin cewe. Gue inget pas SD dia sempet katanya sih suka sama cewe namanya Poppy. Dia malahan ngeles sambil bilang, "Apa itu adek aku!". Tapi entahlah kalo sekarang dia dengan cewenya gimana. Kemaren ini dia sempet nunjukkin satu sulap di depan sepupu-sepupu yang masih pada kecil. Dan kerennya, sulapnya itu gagal! Tiga buah sulapnya semuanya berhasil dengan Wanda Adinda Bernica sebagai korbannya! Sulap borgol yang dia lakukan malahan bikin si Wanda panik ngelepasin borgol dari tali rapia itu pake gunting. Kocak.. (tapi terakhir gue liat sulap borgolnya berhasil).

Banyak banget kenangan dari yang rame sampe menyebalkan sama tuh anak. Gue sih berharap kedepannya dia ada temen ngobrol kalo selama ini cuman ngeladenin ato ngajak ngobrol adeknya yang umurnya beda jauh sama dia, sekitar 4 ato 5 taunan bedanya. Ato mungkin tiga taun? Karena selama kumpul di rumah nenek, dia keliatannya sibuk sendiri sama kegiatannya semisal diem di kamar ato ngeliatin HP doang, minimal ikut sibuk sama anak-anak kecil itu. Padahal gue tau kalo gue sama dia yang udah kepisah gak ketemu bertaun-taun ternyata punya beberapa kesamaan! Dari mulai sama-sama pengen kuliah di bidang bahasa (berhubung keinginan gue banyak), ngomongin anime, cara menghadapi beberapa sepupu 'spesial', sampe kesukaan dia sama bahasa Jepang! Dia sebenernya (dan gue juga) pengen ngobrol bareng ato sekedar sharing-sharing apalah. Lebih dari itu, dia mungkin seneng kalo gue ajak ke Bandung dan browsing anything yang dia suka sampe duit dia abis (tentunya gue kebagian duitnya) dan gue juga kayaknya gakan nolak kalo dia ngajak gue masuk-masuk ke hutan asal gak ketemu uler aja titik! Seandainya dia bisa lebih berani dan gue gak terlalu menutup diri, kayaknya obrolan tuh bakalan banyak banget. Sampe sekarang gue bahkan nggak tau FBnya dia apa.

Yah, mungkin bakalan rame kalo ntar kamu yang ngunjungin gue ke rumah, Ji. Berhubung gue introvert jadi ya sori aja kalo selama ini kita diem-dieman ato cuman bisa tatap-tatapan mesra aja *yucks!*. Padahal gue tau, liburan taun kemaren pas gue bawa biola dan maen biola di kamar, lo sempet muji dan gue denger itu tapi gak gue gubris. I'm so sorry for that, bro. Sumpahnya sori banget. Next holiday kalo kita ketemu, gue bakalan coba ngobrol sama lo. Semoga perbedaan tinggi badan, berat badan dan bahasa gak jadi penghalang ya..

No comments:

Post a Comment

Post some comments, maybe a word two words or a long long paragraph :)