Translate This Page

Tuesday, August 31, 2010

Me vs Marga

Pertanyaan tentang marga pertama kali gue ajukan waktu gue masih kecil, mungkin waktu TK. Gue tanya mama marga kita apa. Sebab masalahnya gampang: nonton telenovela di TV. Di telenovela itu si babu (ceritanya) ngangkat telpon dan ngejawab dengan kalimat yang masih gue hapal: "Kediaman ......... disini". Titik-titik itu diisi sama nama keluarga. Gue (pada waktu itu) gak nyadar dengan ke-blaster-an gue. Makanya gue nanya ke mama marga kita apa.

"Kita mah nggak ada marganya. Orang Sunda itu nggak ada marganya"
, kata mama.

Gue sedikit nggak percaya, tapi akhirnya percaya juga. Jarang banget gue nemu marga asli Sunda. Gak kaya Batak semisal Hutagalung, Hutapea ato Situmorang. Terus gue perlahan sadar kalo gue ada halfblood Chinese (jadi dulu itu selama gue ngaca gue gak merhatiin mata gue). Gue tanya ke mama marga Cina kita apa, ternyata si mama juga nggak tau. Malahan sempet bilang kalo kita nggak Cina. Tapi setelah denger dari sana sini kiri kanan atas bawah serong kanan kiri akhirnya gue dapet info juga kalo ternyata di keluarga gue emang ada darah Cinanya, walopun sedikit. Sedikit-sedikit juga kalo ngeliat dari sepupu-sepupu sama wawa gue dengan appearancenya, kayanya gue rasa emang Cina beneran. Sampe situ, gue masih nggak tau marga Cina gue apa.

Kemudian, waktu nyekar ke makam kakek dari papa. Gue liat di tombstone ada namanya "Susandy". Papa juga menyandang nama itu. Berarti marga gue "Susandy" dong? Pas gue tanya nenek ternyata jawabannya bikin gue seneng tapi sedih kalo inget sama UN.

"Nggak! Kita mah marganya dari kakek Wiradisastra", kata nenek gue simpel sambil naburin kembang 14 rupa.

Gue seneng karena nama marganya ternyata sedikit lebih keren, tapi gue sedih kalo inget UN. Mengingat nama gue udah cukup panjang, kalo ditambah sama marga itu jadi berapa lama waktu yang gue butuhin buat ngebuletin nama gue di lembar jawaban :(

Setelah gue bertambah dewasa, gue akhirnya dapet bocoran kalo ternyata ada marga Cina di keluarga gue. Sayangnya dari mama jadi sebetulnya nggak bisa jadi marga. 'Zhou', itu nama marga yang gue denger. Gue bangga aja sih dapet marga 'Zhou', karena semarga sama Vic Zhou. Tapi pas gue denger dari temen gue katanya jaman dulu ada raja namanya raja Zhou yang bertindak jahat dan semena-mena, gue jadi kabur ke toilet, liat ke kaca sambil ngomong sama diri gue sendiri. "Gue kan anak baik.." :(

Pusing dengan marga Wiradisastra yang kalo dibuletin di kertas jawaban UN ntar malahan jadi malapetaka, gue berinisiatif pake marga mama. Setelah ijin akhirnya gue dibolehin menyandang marga itu walopun nggak seharusnya dipake. Marga itu kan berlakunya dari ayah, bukan dari ibu. Tapi sesekali menyimpang nggak apa-apa kan? Akhirnya gue pun mencantumkan marga 'Dewanto' di Facebook, Blog, Twitter, dan lainnya :)

Oh great, gue inget kenangan waktu reuni keluarga besar dari papa. Akhirnya gue sadar bahwa buyut tertua gue punya ngaran "Soerjaatmadja". Seandainya gue pake tuh marga, maka setalen tiga duit sama marga Wiradisastra yang bikin gue depresi waktu UN. Dan seandainya semua marga itu gue pake, nama gue bukan panjang lagi tapi aneh! Coba sambungkan Dewanto Wiradisastra Soerjaatmadja Zhou ohya plus marga favorit gue Ivanov. Selamat menyaksikan!

No comments:

Post a Comment

Post some comments, maybe a word two words or a long long paragraph :)