Translate This Page

Saturday, September 3, 2011

Learning English: Part 2 - Getting Know English More

Hi! Welcome to the English class with me, Mr. Simple, Klaus! And I wish you all are in your very best mood to get know more about English. It's sunny outside so I wish no one here feels gloomy.

Oke, karena di postingan sebelumnya saya udah sempet memberitahukan bahwa rencana saya bikin postingan tentang kelas bahasa Inggris, maka di postingan sekarang saya mau memperkenalkan bahasa Inggris itu sendiri.


Menurut om Wikipedia, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang termasuk rumpun bahasa Jermanik Barat. Bahasa Inggris sendiri dipakai di Amerika, Britania Raya, dan beberapa negara lainnya (termasuk negara jajahannya seperti Singapura dan Malaysia, dan Indonesia juga). Bahasa Inggris sendiri awalnya terbentuk karena kombinasi bahasa lokal yang dipakai orang Norwegia, Denmark, dan Anglo-Saxon. Bahasa Inggris juga ada bahasa Inggris lama dan bahasa Inggris baru. Tapi, kurang lebih 50% dari New English merupakan serapan dari bahasa Prancis dan Latin. Makanya jangan heran kalau ada beberapa kosakata Inggris yang juga ditulis sama dalam bahasa Prancis, bedanya di pengucapan aja. Kalo mau tau lebih banyak, mendingan bertandang aja ke situs wikipedianya.

Pemakaian bahasa Inggris pun sekarang ini udah meluas ke berbagai belahan dunia. Katakanlah, hampir negara di seluruh dunia udah bener-bener mengerti bahasa Inggris. Ato untuk lebih sederhananya, bahasa Inggris itu udah mendunia, udah lama banget mendunianya. Karena penggunaan bahasa Inggris sudah meluas, makanya Inggris juga sering dianggap sebagai bahasa dunia. Makanya, kayaknya udah ga asing lagi kita nemu penjelasan dalam bahasa Inggris dimana-mana, di halte, di sekolah, di kantor, di dalem lift, di mall, di mobil, di buku manual, sampe di bungkus jajanan yang kita beli. Ada sekitar 375 juta pengguna bahasa Inggris yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu (bahasa dasar) mereka, dan Inggris jadi bahasa dengan pengguna terbesar di dunia, urutan ketiga setelah Mandarin dan Spanyol. Dan untuk pengguna Inggris sebagai bahasa kedua diestimasikan sebesar 470 juta orang. Jadi bayangkan betapa tersebarnya bahasa Inggris di dunia ini.

Itu mungkin pengenalan tentang bahasa Inggris yang udah saya singkat. Masalahnya, sejarahnya itu panjaaaaaaang sekali, dan pasti saya pegel dan pusing juga buat translate laginya hehehe. So I wish this post would be useful, at least one information you can get :)

See ya!

No comments:

Post a Comment

Post some comments, maybe a word two words or a long long paragraph :)