Translate This Page

Tuesday, November 22, 2011

Music Review: 3rd Coast - Altered Surface

Setelah sebelumnya saya sempet me-review Kpop dengan subgenre K-Pop/Dance, sekarang saya me-review group yang bermain di genre Electronic/R&B. Kalau dipikir-pikir lagi, agak susah juga mencari Korean R&B yang asik karena sangat banyaknya girlband dan boyband Korea yang gencar promo sana sini sampe international promo juga. Dan beruntung sekali saya nemu 3rd Coast, yang awalnya cuman saya tau ngisi game soundtrack DJMAX Technika.


Altered Surface adalah mini-album yang dirilis 3rd Coast pada pertengahan taun 2010. Udah cukup lama juga album ini beredar walopun eksistensinya harus saingan sama girlband/boyband Kpop. Dengan mengusung genre Electronic/R&B, 3rd Coast menyisipkan 5 lagu yang cukup nyaman di telinga.

Lantunan vocal dari so fly (Han So Hyun/한소현) yang memberikan nuansa 'soul' di setiap lagunya dibalut sama aransemen house-jazz dan juga ditambah rap dari Kwon Sung Min membuat lagu-lagu di album ini cukup menenangkan walaupun genrenya electronica. Semacam lounge-jazz atau acid-jazz. Mereka banyak pake 7th chords di lagu-lagu mereka yang ngasih nuansa jazzy.

Tracklist:
  • Astral Planet. Lagu ini jadi lagu wajib yang harus didenger di album ini. Nuansa Acid-Jazz sangat kental di lagu ini, ditambah tempo moderato cocok buat mendinginkan suasana. Alur chord yang sama dimainkan terus menerus, tapi jatohnya nggak membosankan. Sebagai perbandingan bisa denger lagunya Trish yang judulnya PDM, hanya temponya lebih cepat. Lagu seperti ini cocok dimainkan di lounge hotel atau coffee shop.
  • Love Solstice. Tempo yang agak cepat dengan aransemen house tetep nggak menghilangkan kesan jazzy di lagu ini. Dengan 7th chords, nuansa soothing tetep bisa ketangkap. Ada beberapa bar di awal lagu dengan breakbeats yang ngasih spirit di lagu ini.
  • On & On. Awalnya mungkin pendengar mengira bahwa lagu ini diaransemen unplugged, karena hanya akustik gitar yang menemani alunan sang vokalis. Tapi begitu chorus pertama selesai, aransemen Classic Hip-Hop/R&B mulai mengiringi vokal sampe akhir lagu. Di tengah lagu, pada bagian rap coba denger baik-baik ada dentingan akustik gitar sebagai ornamen lagu ini.
  • Reason. Lagu ini diawali dengan progress chord piano dan accompaniment khas R&B. Tempo lagu ini cepat dan aransemen drum di chorus justru bikin semangat. Dan uniknya, setelah chorus aransemen drum-nya langsung berubah. Di bagian interlude itu kayak ngasih nafas buat istirahat sejenak, sebelum akhirnya masuk lagi ke verse dengan aransemen drum yang spirited lagi.
  • Reason Remix (Eaeon From Mot). Remix version dari lagu Reason. Disini genre-nya malah jadi agak nge-breakbeats terutama di bagian verse awal. Nggak ada perubahan dari segi tempo dan progress chord.
Secara keseluruhan, 3rd Coast ingin mencoba membuat nuansa tenang ala lounge hotel atau kafe-kafe dengan cara mereka sendiri. Aransemen house-jazz ternyata cukup ampuh buat menghidupkan suasananya tanpa terkesan terlalu electro seperti musik techno atau trance. Buat yang sering kejebak macet di jalanan, atau seneng ngopi di kafe, lagu-lagu dari album ini cocok buat menemani kalian ^_^

No comments:

Post a Comment

Post some comments, maybe a word two words or a long long paragraph :)