Translate This Page

Sunday, August 8, 2010

Editing on Photoscape : Overexposed Photo

Editing foto itu selain lewat Adobe Photoshop atau Corel PHOTO-PAINT, ternyata lebih mudah lewat Photoscape (walaupun lewat Adobe atau Corel bisa bikin hasil yang lebih 'wah'). Tapi di kasus ini, Kazu mau jelasin tentang editing foto yang overexposed lewat Photoscape.

Photoscape ini aplikasi buat editing foto atau file gambar (tapi lebih tepatnya foto). Aplikasi ini bisa secara gratis di download di http://www.photoscape.org/.  Dari segi size, aplikasi ini ngga nyabet memori sebanyak Corel atau Adobe Photoshop. Tapi dari segi fasilitas, yeah.. beberapa fitur dasar bisa kita dapetin disini. Kalo dibandingin, Photoscape ini bisa Kazu bilang setara sama situs editing online Picnik.


Foto di atas jelas banget keliatan overexposurenya, dengan brightness dari objek yang terlihat sangat tinggi dibanding backgroundnya. Buat nyiasatin background yang terlalu gelap dan objek yang terlalu cerah, bisa pake menu 'Backlight'. Disini, Kazu pake setting Backlight > (+/-) 100% buat nyiasatin objek yang terlalu cerah.


Nah, keliatan kan sekarang backgroundnya lebih cerah (dilihat dari warna-warna terang atap-atap bangunan). Tapi, tetep si objek terlihat paling cerah. Maka Kazu pilih opsi Bright, Color> Darken > Low (Gray Tone)


Masih belum memberikan hasil yang maksimal, Kazu pake lagi opsi Deepen yang ada di menu 'Bright, Color'. Kazu pilih preset Middle dengan menyertakan Gray Tone.


Setelah selesai dengan opsi Deepen, sekarang Kazu mau pindah ke opsi Colorize yang bisa dicapai melalui menu Bright, Color > Colorize. Disini, Kazu set secara manual si foto ini mau punya color tone dengan warna apa. Kazu suka sekali warna biru jadi Kazu pilih warna biru. Jangan lupa set nilai saturation sama levelnya. Previewnya keliatan di belakang.
Selanjutnya, kalau masih belum puas dengan hasil fotonya bisa diset lagi dengan langsung klik menu Bright, Color. Kemudian box seperti diatas akan muncul. Set ulang lagi nilai kedalaman warna, kecerahan, dan kontrasnya. Terus cek ulang nilai exposure (kalau fotonya overexposure lebih baik nilainya jangan lebih dari 1 supaya si objek bisa keliatan, tapi jangan juga berlebihan nanti fotonya kelihatan ngga kontras). Slider 'Gamma Bright' akan lebih berpengaruh buat menentukan nilai kontras dan kecerahannya. Dan seperti biasa di bagian paling bawah ada slider saturation. Previewnya langsung di belakang. Setelah selesai tinggal klik oke.


Sebenernya fotonya udah jadi. Tapi berhubung pengen sedikit beda, Kazu mau coba nge-swivel fotonya. Setelah mengubah sudutnya, akhirnya fotonya jadi deh..


Jadi deh :P lain kali fotonya pas lagi ngga hujan..

No comments:

Post a Comment

Post some comments, maybe a word two words or a long long paragraph :)