Translate This Page

Saturday, July 17, 2010

'Mary Had a Little Lamb' Is A Famous Song, But 'Resurrection Mary' Is Another Story

"Mary had a little lamb, little lamb, little lamb..
Mary had a little lamb, its fleece as white as snow.."

Pernah denger lagu diatas? Atau mungkin hapal? Yap, Mary punya domba kecil. Bulunya seputih salju. Kelihatannya pemandangan yang menarik ya. Mary kecil peliharan domba di peternakan (atau apapun itu lah), bawa dombanya main-main ke padang rumput. Sounds cutey, right? Tapi kalo Kazu ganti topiknya jadi 'Resurrection Mary', that's another story..


Cerita 'Resurrection Mary' ini (urban legend) udah terkenal banget di Chicago, tentang penampakan gadis di malem hari yang ngeberhentiin mobil-mobil yang lewat di jalanan buat numpang. Legenda ini udah muncul sejak tahun 1930an. Menurut saksi yang pernah ngalamin kejadian itu, sosok Mary ini digambarkan sebagai sesosok gadis berambut blonde, pake dancing dress warna putih. Si Mary ini nakal, malem-malem malahan nyasar dan akhirnya kepaksa minta tumpangan ke mobil-mobil yang lewat. Pengemudi yang lewat itu kasih tumpangan. Dan setelah mendekati pemakaman Resurrection di Archer Avenue, gadis itu menghilang gitu aja.

Sejarahnya disebutkan bahwa Mary ini gadis Polandia yang lagi menghadiri pesta dansa di Oh Henry Ballroom (selanjutnya ganti nama jadi Willowbrook Ballroom) sama pacarnya. Di beberapa waktu, ada perbedaan argumen dan terjadi pertengkaran. Mary marah dan memutuskan buat pulang sendiri walaupun diluar itu malam musim dingin. Mary meninggalkan ballroom itu dan mulai berjalan pulang. Tapi naas, waktu pulang dia ditabrak sama sebuah truk yang bahkan langsung kabur begitu aja. Mary ditinggal dan meninggal disana. Orangtuanya menguburkan Mary di pemakaman Resurrection, dengan gaun pesta putih dan sepatu dansanya. Ketika diselidiki lagi, banyak banget argumentasi tentang siapa sebenernya Mary ini. Dari wikipedia, Kazu dapet informasi bahwa Ursula Bielski, seorang author dari Chicago menemukan hubungan dengan seseorang bernama Anna "Marija" Norkus yang meninggal di tahun 1927 di jalan pulangnya. Kemudian teori ini akhirnya jadi terkenal.

Di awal tahun 1930an, mulai banyak report yang bermunculan tentang kemunculan gadis muda yang minta tumpangan ke mobil-mobil yang lewat di Archer Avenue, diantara Oh Henry Ballroom dan pemakaman Resurrection. Si gadis menghilang begitu aja waktu mobil mendekati area pemakaman. Di salah satu buku yang pernah Kazu baca, ada cerita tentang pengendara motor yang kebetulan lewat ke depan pemakaman itu. Si pengendara motor melihat sesosok gadis yang kelihatannya terkunci dibalik gerbang pemakaman itu. Si pengendara motor berfikir gadis itu diculik atau dibawa kesana dan seseorang yang jahat mengunci dia jadi dia ngga bisa keluar. Si pengendara motor menelpon polisi dan ajaibnya waktu polisi datang, gadis itu udah menghilang. Tapi dia meninggalkan jejak di pagar besinya.

Jadi, ada yang mau kenalan sama Resurrection Mary?

No comments:

Post a Comment

Post some comments, maybe a word two words or a long long paragraph :)